KEBIASAAN UNIK ORANG INDONESIA DI MATA DUNIA

10 Fakta Unik dan Menarik seputar Putri Duyung


putri duyung di Hawaii
Legenda putri duyung merupakan cerita rakyat yang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Setiap daerah memiliki versi mereka masing-masing tentang wanita berbadan separuh ikan ini.
Dalam beberapa versi diceritakan bahwa duyung adalah makhluk yang baik, sementara dalam versi yang lain dianggap sebagai makhluk jahat yang membawa kematian.
Kali ini tim Sejuta Fakta telah merangkum beberapa fakta menarik tentang legenda putri duyung dari seluruh penjuru dunia.
Kita simak saja langsung dari yang pertama.

1. Legenda putri duyung diperkirakan pertama kali berasal dari wilayah Syria

Menurut catatan wikipedia.org, legenda putri duyung yang pertama kali ada diperkirakan berasal dari wilayah Syria kuno.
Disebutkan ada seorang dewi bernama Atargatis yang merasa bersalah karena tidak sengaja membunuh kekasihnya yang seorang manusia.
Kemudian dia melompat ke danau dan berubah menjadi ikan. Namun hanya bagian bawahnya saja yang berubah menjadi ikan.

2. Putri duyung adalah nenek moyang manusia

legenda Vatea
Orang-orang di Kepulauan Pasifik banyak yang mempercayai bahwa manusia adalah keturunan dari duyung.
Menurut mitologi orang-orang Mangaian yang tinggal di wilayah Pasifik, laki-laki dan para dewa adalah keturunan dari Vatea. Nah Vatea ini memiliki penampilan setengah manusia setengah ikan.
Namun berbeda dengan putri duyung yang bagian bawahnya berbentuk ikan, bagian tubuh Vatea yang berbentuk ikan adalah bagian kiri tubuhnya.

3. Aquamarine dipercaya terbuat dari air mata duyung

Aquamarine merupakan nama salah satu jenis batu berharga (gemstone) yang berwarna seperti biru laut.
Sebenarnya jenis batu ini adanya di dalam tanah, tetapi beberapa mitos menyebutkan bahwa Aquamarine terbuat dari air mata duyung.

4. Para pelaut Eropa mungkin salah mengira Sapi Laut sebagai Duyung

Cerita tentang putri duyung begitu populer di Era keemasan bajak laut di Eropa pada abad pertengahan. Di era itu pula konon sering ada penampakan duyung.
Terlepas apakah itu sebuah cerita konspirasi atau bukan, kemungkinan besar para pelaut salah mengira sapi laut sebagai duyung.
Terlebih lagi mereka melihatnya di malam hari dan hanya diterangi sinar bulan.

5. Di Eropa, putri duyung bukanlah makhluk yang baik

Menurut mitos yang beredar luas di Eropa, duyung atau sering disebut juga sebagai Siren, adalah wanita setengah ikan yang cantik dan memiliki suara yang sangat merdu.
Suara merdunya ini membuat para pelaut terhipnotis hingga mengarahkan kapalnya ke batuan karang dan tenggelam.
Terkadang Siren juga muncul untuk merayu para pelaut, menciumnya, lalu menarik mereka hingga tenggelam ke dasar laut.

6. Semua kasus kemunculan putri duyung dipastikan HOAX

Tidak hanya di jaman kuno saja ada orang-orang yang mengaku melihat putri duyung. Di jaman modern ini juga terjadi beberapa kali terjadi kemunculan duyung yang diabadikan dalam bentuk foto dan video.
Namun semua foto dan video tersebut dipastikan hanyalah HOAX belaka.

7. Punya banyak nama yang berbeda-beda di berbagai negara

Di Eropa putri duyung dikenal dengan nama Mermaid atau Siren atau melusine. Di Jepang ada makhluk mirip putri duyung yang disebut ningyo.
Di Afrika Barat dan Tengah ada Mami Wata. Rusia menyebutnya Russalki atau Rusalka. Di Irlandia ada Merrow. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Ada kelainan yang disebut “Sindrom putri duyung”

Sirenomelia atau sindrom putri duyung merupakan kelainan dalam proses kelahiran, dimana bayi lahir dengan kondisi kedua kaki menyatu dan bagian kelaminnya sangat kecil.
Kasus ini tergolong kasus yang sangat langka. Dimana perbandingannya sekitar 1 : 100.000.

9. Logo asli Starbuck adalah duyung berekor ganda

Tahu Starbuck kan? Itu lho warung kopi asal Amerika. Menurut penuturan juru bicara Starbuck, Valerie O’Neil, pada tahun 2006 lalu, logo Starbuck bergambar seorang putri duyung berekor ganda atau Siren.
Gambar Siren tersebut tampak full dan telanjang dada pada saat pertama kali dipakai tahun 1971 – 1987. Nah logo yang sekarang adalah crop-crop-an-nya.

10. Di Indonesia ada beberapa cerita rakyat tentang asal usul putri duyung loh

Waktu SD dulu saya pernah membaca buku dongeng tentang cerita asal usul putri duyung versi Indonesia. Namun ceritanya berbeda dengan dongeng asal usul duyung versi Sulawesi Tengah.
Inti ceritanya begini:
Ada seorang wanita yang terlalu asyik berenang dari satu pulau kecil ke pulau kecil lainnya di pantai dekat desanya untuk menikmati suatu jenis buah.
Karena terlalu asyik mencicipi buah-buah tersebut, si wanita sampai tidak sadar sudah berapa lama dirinya berenang. Dia juga tidak sadar sudah sejauh apa dia dari pantai.
Hingga dirinya menyadari ada sesuatu yang aneh di kakinya. Kedua kakinya telah berubah menjadi sirip ikan.
Si wanita menangis tetapi sudah tidak tahu lagi jalan untuk pulang. Sejak saat itu, jika ada suara wanita menangis di lautan, maka itu adalah suara wanita yang berubah menjadi duyung tersebut.

Comments