KEBIASAAN UNIK ORANG INDONESIA DI MATA DUNIA

Mitos Jepang: Legenda Kuno Perang 9 Dewa (Biju)

halanehdidunia.blogspot.co.id Dulu sebelum ada yang namanya Anime Naruto yg memperkenalkan Biiju sebagai additional dalam anime ini, ternyata dalam legenda Jepang sendiri penggambarannya hampir sama dengan di dalam Anime Naruto masterpiece Masashi Kishimoto.

Biiju adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang.Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh daerah Jepang. Kekuatan chakra/stamina mereka diklasifikasikan melalui banyaknya jumlah ekor mereka. Seperti Shukaku si ekor satu memiliki kapasitas chakra terendah dari semua bijuu. Tidak semua bijuu bertubuh besar. Seperti Kaku, si luak berekor tujuh yang ukuran tubuhnya tidak terlalu besar. Bijuu dengan ukuran kolosal adalah Yamata no Orochi yang besarnya melebihi tujuh buah gunung. Ini dikarenakan kekuatan Kusanagi no Tsurugi yang sangat besar.

Para bijuu ini hanyalah mitos yang ada di Jepang. Kabarnya roh-roh mereka disegel di 9 kuil di Jepang. Para bijuu ini juga ada mahluk yang setengah dewa maupun peliharaan dewa. Raijuu dulunya adalah dewa sebelum kekuatan kegelapan Yamata no Orochi membuatnya menjadi monster dan Nekomata juga adalah peliharaan dewa kematian.

Dalam legenda dan mitologi Jepang, dikenal adanya perang sembilan dewa atau "Ancient war of 9 Gods". Perang besar ini terjadi di masa lalu yang belum bisa diperkirakan kapan dan dimana.  Akhirnya hanya tersisa dua Bijuu yang setingkat dewa yang akhirnya akan menyelesaikan peperangan panjang dan melelahkan ini. Peperangan ini berakhir setelah Yamata no Orochi dan Kyuubi no Yokou bertemu dan bertarung selama 100 tahun. Kyuubi memenangkan pertarungan ini karena dia memiliki chakra yang tidak terbatas.

Partisipan peperangan ini adalah semua Bijuu yang ada dalam mitologi Jepang. Mereka semua akhirnya tersegel dalam kuil-kuil yang tersebar di seluruh Jepang. Berikut ini adalah daftar Bijuu yang mengikuti perang ini:

1. Ichibi no Shukaku


Shukaku adalah seorang pendeta dari NARA yang berubah menjadi monster karena kekuatan Yamata no Orochi.Kepribadiannya sangatlah konyol dan senang bermain-main. Dia hidup di jiwa orang-orang yang mati karena pasir dan angin. Dalam anime NARUTO, shukaku digambarkan sebagai monster pasir yang berasal dari arwah pendeta Suna yang di segel dalam ketel pasir.

2. Nibi no Nekomata


Nekomata dipercaya sebagai sebuah metamorfosis dari kucing peliharaan. Ia berasal dari Hutan Kematian di utara Hokkaido dan konon pertama kali ditemukan di Hutan Iblis Hokkaido. Bentuknya berupa monster kucing hitam raksasa. Dia adalah peliharaan Dewa Kematian.
Nekomata hidup dari memakan mayat dan jiwa-jiwa orang mati.Dalam dunia NARUTO, Nekomata digambarkan seperti iblis api berbentuk kucing raksasa, bertaring besar, dan memiliki 2 ekor.

3. Sanbi no Isonade


Isonade berbentuk seperti hiu dengan tanduk di kepalanya serta memiliki 3 buah ekor dan tiga buah sirip, ia juga mampu mengendalikan air sesuai dengan keinginannya.Dia juga sering menyerang kapal-kapal yang berlayar di laut bebas. Isonade memiliki bawahan yang bernama samehada yang hidup di dalam perut isonade dan membantu menanmbah chakranya hinggal lima kali lebih besar.

4. Yonbi no Sokou


Si ekor empat berbentuk siput setengah ular yang konon tinggal di gunung Fuji, Jepang. Sokou memiliki empat buah ekor dan menyebarkan gas beracun di sekitar tubuhnya. Karena berbahaya, Seorang ahli ilmu iblis bernama Yamazaki Ishiro menyegel Sokou ke dalam alat dewa Kandang Bulan Berjaring di dasar gunung Fuji, Jepang.

5. Gobi no Hokou


Adalah bijuu yang berupa seperti anjing berekor lima. Setiap ekor ini merepresentasikan setiap kekuatan elemental : Api, Air, Angin, Tanah, dan Petir. Itu bisa mengakibatkan kerusakan yang dahsyat bila di gunakan. Hokou bermaksud menghancurkan alam untuk mendapatkan kembali lima elemen ini. Ia mengalami cedera berat ketika menantang Kyuubi berdua dengan Nekomata.

6. Rokubi no Raijuu


Aslinya Raijuu adalah dewa petir, tetapi karena pengaruh kekuatan Yamata no Orochi dia berubah menjai monster. Memiliki enam ekor yang berbentuk seperti petir. Biasanya, Raijuu tenang dan tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi buas dan agresif ketika terjadi badai petir dan mengenai apa saja di sekitarnya, batu, pohon bahkan bangunan (orang dulu bilang bahwa pohon yang tersambar petir terkena cakaran Raijuu). Ada juga yang mengatakan Raijuu tidur di perut manusia.

7. Shichibi no Kaku


Dia berasal dari altar pengorbanan di pinggiran Nagoya. Kaku mempunyai tujuh ekor dan yang terkecil diantara para Bijuu. Walaupun begitu, dia adalah Bijuu terlicik dan paling "penyusup" dari sembilan Bijuu lainnya. Tubuhnya berwarna biru. Dalam peperangan sembilan dewa, Kaku bertarung 4 kali, dia menang atas Sokou, dan 3 kali melarikan diri dari Nekomata, Isonade, dan Yamata no Orochi. Walaupun tidak pernah kala, tetapi dia melarikan diri 3 kali dari 4 kali pertarungannya. Dalam dongeng jepang, binatang ini adalah penyamar yang handal, dan bentuk yang sering di pakai adalah hantu tak berwajah.

8. Hachibi no Orochi (Yamata no Orochi)


Yamata no orochi adalah bijuu berbentuk ular. Dia memiliki mata berwarna merah darah, delapan ekor dan kepala (juga digambarkan dililit oleh akar belukar dan semak) dan memiliki keuatan dari dunia iblis, simbol kejahatan. Kekuatan sebenarnya dari Orochi tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan,  menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada didalamnya dan menjadi makhluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semua didalam tubuhnya. Orochi mengalahkan banyak bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi. Dalam hal legenda, dia menyamai Kyuubi dalam hal kekuatan tetapi mempunyai batasan.

9. Kyubi no Yoko


Kyuubi merupakan Bijuu dengan bentuk rubah berekor sembilan dan merupakan yang terkuat diantara para Bijuu. Dia mempunyai chakra yang tidak terbatas, membuatnya pantas menyandang nama "Raja Para Bijuu". Kekuatannya berasal dari segel api miliknya. Kyuubi melambangkan elemen api. Kemampuannya amat luar biasa. Ekornya mengeluarkan pusaran angin dengan cara di putar dengan cepat, dan Kyuubi mampu merobek musuhnya dengan cakar raksasa miliknya. Dalam peperangan 9 dewa, Hokou Mengalami cedera parah, dan Nekomata hampir mati; bila tidak di tolong dewa kematian karena berani menantang Kyuubi. Kyuubi hanya bertarung 4 kali dan semuanya dimenangkannya, yaitu melawan Nekomata dan Hokou, Raijuu, dan Yamata no Orochi.

Comments