KEBIASAAN UNIK ORANG INDONESIA DI MATA DUNIA

7 Kehebatan Indonesia Di Mata Dunia

7 Kehebatan Indonesia Di Mata Dunia

Desember,08.2016
Jika dibandingkan dengan Amerika maupun Jepang, Indonesia memang masih tertinggal jauh di belakang. Itu disebabkan karena dua negara yang disebutkan pertama tadi adalah negara maju sementara Indonesia masih dalam tahap negara berkembang. Namun meski masih negara berkembang, bukan berarti Indonesia tak punya “nama” di mata dunia. Di bawah ini merupakan bukti kehebatan Indonesia yang layak diperhitungkan dunia.

1. Jumlah Penduduk
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia termasuk dalam negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Lebih tepatnya, Indonesia berada di peringkat keempat dunia dan peringkat ketiga di Asia. Menurut CIA World Factbook Tahun 2013, China (1,349,585,838 jiwa) berada di peringkat pertama, disusul oleh India (1,220,800,359 jiwa) dibelakangnya. Kemudian di peringkat ketiga adalah Amerika Serikat (316,668,567 jiwa) dan negara kita ada di peringkat keempat dengan 251,160,124 jiwa.

2. Suku Bangsa
Tak hanya penduduknya saja yang banyak, namun suku bangsa juga banyak. Di Indonesia sendiri ada sekitar 750 suku bangsa dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia. Papua menjadi daerah penyumbang suku bangsa terbanyak dengan 270 atau 36 persennya.

3. Jumlah Mahasiswa
Berkat jumlah penduduk yang sangat banyak, maka tak mengherankan jika jumlah mahasiswa yang ada di Indonesia masuk dalam 10 besar dunia. Saat ini jumlah mahasiswa di Indonesia sekitar 1,9 juta dan berada di posisi 9 dunia. Tak hanya itu, di negeri ini juga memiliki 2.700 perguruan tinggi dengan 1.400 program studi.

4. Kopi Starbucks
Pernah minum kopi Starbucks yang terkenal itu? Okelah jika kalian belum pernah minum karena harganya mahal, tapi setidaknya kalian tahu kan kopi asal Seattle, Amerika Serikat tersebut. Faktanya jenis kopi andalan Starbucks ternyata berasal dari Indonesia, yakni Toraja Coffee, Java Coffee, dan Sumatra.

5. Piala Dunia
Jika ditanya siapa negara Asia pertama yang bermain di Piala Dunia, jawabnya bukanlah Jepang atau Korea Selatan, tapi Indonesia. Pada Piala Dunia edisi 1938, Indonesia yang saat itu memakai nama Hindia-Belanda, mencatatkan sejarah sebagai negara Asia pertama yang bermain di Piala Dunia. Sayangnya saat itu, Hindia-Belanda masih belum bisa berbicara banyak di level Internasional.

6. Bunga Nasional Korea Utara
Negara Korea Utara memiliki bunga nasional yang bernama Kimilsungia. Namun tahukah kamu sejarah dari bunga tersebut. Ya, bunga tersebut berasal dari Indonesia karena dulu Presiden Soekarno memberikan bunga tersebut kepada Presiden Korea Utara. Dan nama “Kimilsungia” juga pemberian presiden pertama Indonesia yang merupakan singkatan dari Kim Il Sung dan Indonesia.

7. Candi Borobudur
Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah merupakan candi terbesar di dunia dengan tinggi 42 meter dan panjang yang mencapai 1 km. Selain itu, Candi Borobudur juga termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia bersama dengan Ka’bah (Arab Saudi), Taj Mahal (India), Tembok Raksasa (China), Menara Pisa (Italia), Menara Eiffel (Prancis) dan Colosseum (Italia).

Sekarang kamu tahukan kehebatan Indonesia di mata dunia. Jadi, apakah kamu masih mau menjelekkan negaramu sendiri?

Comments